Nguri - Uri Budaya Leluhur Perkumpulan Tosan Aji Dan Barang Antiq Parikesit Trenggalek Gelar Pameran -->

Iklan Semua Halaman


 

Nguri - Uri Budaya Leluhur Perkumpulan Tosan Aji Dan Barang Antiq Parikesit Trenggalek Gelar Pameran

Friday

 

Koleksi pegiat barang antik

.Trenggalek,maknajatim.com -
Memperingati HUT RI ke 77 dan hari jadi kabupaten Trenggalek ke 828, Perkumpulan tosan aji dan barang antik Parikesit menggelar pameran di halaman parkir Pasar Pon, mulai tanggal 24/8 - 2/9 2022. Berbagai  benda kuno di ditampilkan pada pameran tersebut.


Penasehat Perkumpulan Tosan Aji dan barang Antiq Parikesit Trenggalek Mukti Harsaya mengatakan, pameran ini digelar untuk mengenalkan kekayaan budaya daerah kepada generasi milenial. ” harapan kami, mereka bisa mengetahui sejarah peninggalan para leluhur ,” ungkapnya.


Seperti koleksi  yang dimiliki oleh  pegiat barang yaitu, keris dan barang antiq yang umurnya puluhan tahun bahkan satu abad.



Lebih lanjut menurut Mukti, Perkumpulan Tosan Aji dan barang Antiq Parikesit Trenggalek ini, sejak tahun 2012 hingga sebelum ada covid 19, selalu menggelar pameran setiap peringatan HUT RI dan hari jadi kabupaten Trenggalek, yang bekerja sama dengan pemerintah kabupaten (pemkab).


                      Berbagai barang antik


"Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya untuk tahun ini lanjutnya, pameran Tosan Aji dan barang Antiq, dilaksanakan murni swadaya dari teman teman.
Saya berharap tahun depan bisa bekerja sama kembali dengan pemerintah daerah, seperti tahun tahun sebelumnya." ujarnya.


Karena jika generasi milenial tidak dikenalkan, maka mereka akan kehilangan arah dalam mempertahankan budaya warisan leluhur, dan dapat dipastikan suatu masyarakat akan kehilangan identitas orisinalitasnya sebagai bangsa, "pungkasnya.